Minggu, 14 November 2010

taurine, apa itu???

apa itu taurine???
taurine adalah sejenis asam amino yang berperan pada penghantaran implus-impuls sel saraf, sehingga bila ada rangsangan dari SSP maka rangsangan tersebuta akan diteruskan dengan cepat ke sel-sel efektor.
bisa juga disebut dengan "nutrisi otak"
Kebutuhan terbanyak adalah pada bayi dan anak dalam masa pertumbuhan sekitar 50 mg per hari.
Taurin pada bayi sangat dibutuhkan karena metabolisme tubuh lebih tinggi daripada orang dewasa. Taurin berhubungan dengan suatu enzim dalam tubuh yang mempengaruhi aktifnya otak dan nyenyaknya tidur, sedangkan dewasa membutuhkan taurine sekitar 25-45 mg perhari.
nah.... penggunaan taurine dengan maksud sebagai penambah energi atau menambah konsentrasi otak ini tidak berjalan mulus sesuai keinginan karena adanya taurine berlebih ini akan dibuang lewat ginjal dan urea hasil dari pembongkaran taurine akan memperberat kerja ginjal.
akibatnya dapat terjadi resiko kebocoran ginjal (nefrotik syndrom) yang jika dibiarkan dapat menyebabkan gagal ginjal kronik.


hei kawan.............. yang sudah terbiasa dengan suplemen tersebut agar lebih waspada dan berhati-hati terlebih jika sudah ada tanda-tanda seperti sering cegukan atau buang air kecil tidak lancar (kepekatan urine meningkat ditandai dengan warna seperti air teh).harap segera cek laboratorium tentang kondisi kesehatan anda!!

hidup sehat nggak harus mahal....
rasa capek dan ngantuk juga harus disyukurin,,,karena itu signal TUHAN bahwa tubuh kita perlu istirahat dan mengcover semua fungsi tubuh.

1 komentar: